Portofolio Librarian

Kiprah literasi ditulis di Majalah PKK Jawa Timur

 

Selamat datang di portofolio librarian

~~Dunia Gairah~~



Terima kasih sudah berkunjung, dan terutama sudah meluangkan waktu untuk melongok halaman yang saya buat khusus untuk menempatkan portofolio librarian saya. 

Kecintaan saya pada buku dimulai dengan kebiasaan yang ditanamkan eyang putri bahwa setiap informasi itu berharga. Biasanya eyang putri selalu membaca dulu setiap bungkus koran atau selebaran bungkus belanjaan sayur mayur atau bumbu dapur dari warung belanja :) Saya masih ingat betul artikel daun pegagan yang dilaminatingnya, besoknya eyang benar-benar merebus daun pegagan dan menjadikan lalapan sehat atau diambil airnya saya lupa. Saat itu saya merasa : semua informasi memiliki kekuatan.

Kemudian, saya rajin meminjam buku dan majalah di persewaan dekat rumah. Favorit saya adalah kisah Asterix dan Obelix, hehe.. Kemudian, hadiah paling berkesan adalah buku ensiklopedia sejarah yang diberikan papa saat ulang tahun.

Mungkin itu yang membentuk saya akhirnya begitu mencintai setiap informasi, apapun, dari selebaran hingga buku. Sampai saya bertemu sosok Pak Iman Suligi saat saya duduk di bangku SMP, saya melihat figur pustakawan itu keren, karena bisa menjawab kebutuhan informasi setiap orang.

Berlanjutlah saya mengambil jurusan Ilmu Informasi & Perpustakaan di Unair, dan kegelisahan saya makin menjadi-jadi saat setiap hari mendengar 'doktrin' : minat baca anak Indonesia rendah.  Dari situlah, saya mendirikan INSAN BACA, jaringan pengelola taman baca dan perpustakaan independen pertama di Surabaya, Jawa Timur pada 2007. Dan di tahun yang sama, saya me-remake perpustakaan lingkungan hidup Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Jawa Timur menjadi Kedai Baca WALHI Jatim yang sekaligus menjadi skripsi saya saat itu, fokus pada strategi pemasaran pusat informasi.


 

Pada 2008, saya mendirikan Pondok Baca Bocah di Rumah Susun Penjaringan Sari Surabaya yang saya tinggali kontrak saat itu, sempat menerima CSR dari XL dan Kompas, serta komunitas lain. Pada 2012, karena kepindahan saya, koleksinya saya hibahkan pada Taman Baca Balai RW Rusun Penjaringan Sari yang dikelola Perpustakaan Kota Surabaya.





Di tahun 2010, saya berkenalan dengan mas Gol A Gong dan kawan-kawan, kemudian bergabung menjadi Pengurus Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Pusat yang saat itu dinaungi Subdit Budaya Baca, Pendidikan Non Formal Informal, Kemdikbud, di staf Litbang.

Sekaligus bersama INSAN BACA dan Yayasan Khadijah NU mendirikan TBM@Mall Surabaya Membaca sebagai representasi TBM ruang publik, di Kapas Krampung Plaza Surabaya atas dukungan Kemdikbud pada 2010-2011.





Sampai pada 2012, di tahun ke-5 nya, saya sebagai pendiri INSAN BACA menerima penghargaan sebagai Pembaharu Sosial dalam SOCIAL AWARD “Panggung Inspirasi Perubahan” oleh Forum Lintas Pembaharu dan Dinas Sosial Surabaya. Itu saat-saat yang tak terlupakan dan tak tahu dinominasikan siapa.




Akhirnya, sekarang saya diamanahi untuk mengelola Rumah Baca HOS Tjokroaminoto di Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi yang merupakan daya dukung untuk jaringan Sekolah Raya. Ini juga panggilan jiwa yang selalu memanggil jiwa saya untuk 'pulang'. 

Kebahagiaannya berlipat ganda. Dan, baru-baru ini 'dilamar' membantu Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Jawa Barat di Divisi Organisasi. Sistem Rumah Baca HOS Tjokroaminoto ini akan menciptakan sistem yang boleh direplikasi oleh seluruh jaringan Sekolah Raya yang memiliki perpustakaan independen.






Karena itu, jika anda mengalami kesulitan mengelola koleksi pribadi anda di rumah, atau ingin membangun perpustakaan sederhana di kantor, lembaga, atau sekolah, silahkan berkonsultasi. Saya menawarkan jasa untuk mengelola perpustakaan yang dikelola profesional.

Namun, untuk keperluan komunitas non profit, saya akan memberikan konsultasi cuma-cuma sebagai bagian dari bentuk berbagi.

Saya bisa dihubungi di prita.hw@gmail.com.



BACA JUGA :

Portofolio Public Speaking
Portofolio Writing


Prita HW

4 komentar:

  1. Wooo banyak prestasi hehe.
    Oh ya Prit, taruh portfolio-mu di page blogmu juga. Biar kalau ada yg buka blogmu tinggal baca disana. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pril, makasi udah baca2..iya emang ini aku taroh di tentang saya, tapi dibagi lagi jadi sub kategori portofolio, hehe..

      Hapus
  2. Prita telah membuktikan dengan nyata bahwa profesi pustakawan itu keren, hehehe.

    BalasHapus
  3. Prita telah membuktikan dengan nyata bahwa profesi pustakawan itu keren, hehehe.

    BalasHapus